Hidangan Daging Biawak

Biawak adalah hewan melata yang memiliki penampakan sedikit menakutkan. Dengan bentuk fisik yang seram, ternyata daging biawak bagi sebagian orang merupakan hidangan yang nikmat. Hampir sama nikmatnya hidangan daging kelelawar.

Biawak adalah sebangsa reptil yang masuk ke dalam golongan kadal besar, suku biawak-biawakan (Varanidae). Biawak dalam bahasa lain disebut sebagai bayawak (Sunda), menyawak atau nyambik (Jawa), berekai (Madura), dan monitor lizard atau goanna (Inggris) (Wikipedia).

Anda dapat menemukan makanan ekstrim hidangan daging biawak pada warung ibu Suwarni di Desa Bulangkulon, Mejobo, Kudus, Jawa Tengah. Menyediakan menu khusus tongseng daging biawak.

Proses pembuatan tongseng ini dalam setiap harinya menyemblih dan menguliti puluhan biawak. Daging biawak dicuci bersih dengan air, kemudian dipotong kecil-kecil dan ditampung dalam panci. Potongan kecil daging biawak ini kemudian di proses hingga empuk. Bumbu racikan kemudian dimasukan dalam rebusan daging hingga tercampur matang. Nah, jadilah hidangan tongseng biawak yang siap dinikmati.

Pengunjung warung mengaku ketagihan menyantap hidangan tongseng daging biawak, karena cita rasa dagingnya yang lezat. Ibu suwarni mengaku memiliki resep khusus dalam mengolah daging biawak. Agar daging tak berbau anyir, potongan daging harus di proses cukup lama. Lemak yang mengendap di permukaan air rebusan juga harus dibuang.

Hal serupa warung menyediakan menu istimewa ini ada di daerah Perak Timur. On Laponta. Semua hidangannya khas Manado dan Batak yang menunya terkadang aneh ditelinga. Lorensia Sri Rahayu, pemilik sekaligus pengelola rumah makan ini menyebut sebagian besar konsumen memang datang untuk menikmati daging biawak.


Hidangan daging biawak diolah menjadi rica-rica ini. Daging yang dipotong kecil ini dan sangat empuk, sangat jauh berbeda dengan bentuk fisik biawak yang hidup liar di sungai.

Di Sumba, daging biawak menjadi santapan harian. Dari berbagai informasi bahwa minyak biawak bisa digunakan mengobati gatal-gatal, alergi, menghaluskan kulit, mengobati luka bakar, dan mengencangkan payudara.

Setelah berkonsentrasi membaca artikel tentang hidangan ekstrim ini, mungkin Anda ingin mencoba santapan hidangan daging biawak. Atau ada dari Anda yang pernah mencicipi daging tersebut, silahkan berbagi di kolom komentar.

p>English Version

Share on :
Hidangan Daging Biawak
Hidangan Daging Biawak
Reviewed by Extreme News
Published :
Rating : 4.5

2 comments:

Unknown said...

bener-bener extrim,
gan, blognya bagus pake 2 bahasa.
gmn caranya ya???
thx udah datang di Software Terbaru

Shanty said...

Wedew...
Gmna ya rasanya daging biawakk???
Ama sama dengan daging kambing???


BTW Blognya kerenn......

Post a Comment