Olahraga Selancar Bermain Dengan Ombak

Olahraga Selancar merupakan permainan ekstrim, menjadi pilihan bagi penggemar olahraga pantai. Olahraga ini berlangsung di atas ombak yang tinggi, dengan menggunakan papan sebagai tempat untuk berdiri (pijakan). Papan selancar bergerak dengan tenaga ombak, yang arahnya dikemudikan oleh peselancar. Keahlian menjaga keseimbangan membuat peselancar tetap bertahan di atas ombak. Namun, saat bermain olahraga ekstrim ini kita harus tetap waspada dengan segala resikonya.

Sejarah olahraga Selancar, Di awal abad ke-20 berselancar mulai dikenal oleh orang Amerika dan Australia dan komunitas selancar pun terbentuk pada beberapa pantai di negara Paman Sam tersebut. Budaya selancar muncul akibat dari naik pamornya olahraga yang kemudian melahirkan gaya hidup tersebut dan tercermin dari berbagai produk, musik, fashion, majalah hingga film-film yang menggambarkan anak pantai yang serba santai. Para sosiolog Amerika pada pertengahan tahun 50-an mencapnya sebagai budaya orang malas. Tetapi di era abad 19 awal olahraga ini mulai digemari oleh kalangan muda, sehingga olah raga ini menjadi semakin populer dan lebih mendunia (Wikipedia).

Surfer (peselancar) memiliki tempat favorit tersendiri, tujuan bermain dengan ombak. Khususnya di wilayah Indonesia, Pantai Kuta Bali, Pantai Sorake Nias Selatan, Pantai Lhok Nga Aceh Besar, dan Pantai Gerupuk Lombok Tengah, baik untuk olahraga selancar dan telah dikenal di mata dunia.

Bagi peselancar pemula, perlu diperhatikan hal-hal terpenting sebelum melakukan olahraga ekstrim ini. Pertama, melakukan pemanasan untuk melenturkan otot-otot tubuh, sehingga mencegah terjadinya kram. Kedua, belajar membaca ombak, karena jenis ombak untuk olahraga selancar terdiri dari ombak bergerak pelan, cepat dan adapula ombak menyerupai lingkaran. Ketiga, informasi tentang lokasi surfing, mengetahui apakah daerah tersebut memiliki karang atau banyak bebatuan, atau menjadi daerah larangan.

Memahami atau belajar olahraga selancar membutuhkan waktu yang cukup, tergantung semangat belajar kita. Jika menginginkan guru atau trainer yang lebih professional maka sebaiknya melalui Sekolah Selancar, seperti yang ada di Kuta Bali. Bila ingin yang lebih murah, Anda dapat belajar pada orang yang pekerjaannya menyewakan papan selancar dan biasanya memberikan jasa privat belajar selancar. Orang seperti itu dapat anda temukan di pinggir pantai lokasi berselancar.

Ketika anda sudah bisa olahraga selancar ini, rasakan kenikmatan bermain dengan ombak. Namun, tetap waspada dengan resiko yang dapat terjadi.

English Version

Share on :
Olahraga Selancar Bermain Dengan Ombak
Olahraga Selancar  Bermain Dengan Ombak
Reviewed by Extreme News
Published :
Rating : 4.5

3 comments:

jiwajuang said...

blognya mantab suratab gan... boleh dong blajar ngeblog di blogspot dari agan..:) ditunggu kunjungan baliknya gan

akhatam.com said...

Wah Surfing lewat Internet ajh... hiihihi

Bajusenamgrosir said...

selamat sore....
klo untuk bulan2 yg bagus untuk olahraga selancar itu bln apa ya?...
dan klo ada waktu mampir ke toko baju senam saya ya?
Terima kasih

Post a Comment