Peringatan Google Terhadap Mesin Pencari Goojje

Peringatan Google  Terhadap Mesin Pencari Goojje

Google memberi peringatan sebuah mesin pencari China agar berhenti menggunakan logo yang mirip dengan logo mesin pencari terkemuka tersebut. Bila tidak, situs China bernama Goojje tersebut akan menghadapi tindakan hukum dari pihak Google.

Harian Shenzhen Economic Daily, Senin 8 Februari 2010, mengeluarkan peringatan ini bersamaan dengan masa-masa Google mempertimbangkan masa depannya di China setelah memutuskan untuk tidak mematuhi peraturan sensor pemerintah China. Google China juga dihantam serangan cyber.

Google menuduh Goojje telah melanggar hak dagang Google. Menurut Google, logo Goojje bisa membuat pengguna internet menyangka kalau Goojje disahkan atau berkaitan dengan perusahaan AS tersebut. Dalam surat yang dikirimkan pada Goojje oleh pengacara Google, perusahaan internet AS ini menuntut Goojje untuk mencabut logo yang mirip itu paling lambat Senin depan.

Goojje diluncurkan bulan lalu oleh satu tim kuat beranggotakan 20 orang yang dipimpin seorang mahasiswa bermarga Wen, setelah Google menyatakan mundur dari China. Operator Goojje mem-posting pernyataan ambigu di situs mereka. Dari keterangan samar-samar tersebut, sejumlah media menafsirkan bahwa Goojje memberikan dukungan pada Google.

Homepage Goojje meniru desain Google dan nama China Goojje berakhir dengan huruf yang berarti "kakak perempuan". Sedangkan nama China untuk Google berakhir dengan huruf yang merupakan homonim dari "kakak laki-laki".

Sumber : http://dunia.vivanews.com/news/read/127777-google_ingatkan_goojje_agar_berhenti_meniru


English Version
Share on :
Peringatan Google Terhadap Mesin Pencari Goojje
Peringatan Google  Terhadap Mesin Pencari Goojje
Reviewed by Extreme News
Published :
Rating : 4.5

No comments:

Post a Comment